Rabu, 09 Maret 2016

Peran & Fungsi Komunikasi Massa

     


     Oke ces, saatnya untuk menjadi pintar (amin) hahha... Komunikasi massa ? Kita banyak menghabiskan waktu dengan berbagai bentuk komunikasi massa. Waktu yang kosong sering banget dihabiskan dengan berduaan sama media. Di Indonesia, kini dengan adanya belasan stasiun televisi nasional, ratusan radio siaran, ratusan surat kabar dan majalah, serta bermunculannya bioskop-bioskop di mall atau supermall, banyak orang yang diterpa dan menerpakan diri pada media massa tersebut. Secara sadar atau tidak sadar, pola hidup masyarakat sudah dikendalikan oleh media massa. Semua bentuk komunikasi memainkan peranan dan menjadi bagian yang menyatu dalam kehidupan manusia. Apapun pekerjaan, kegiatan atau waktu luang seseorang, komunikasi merupakan salah satu faktor yang memiliki peranan dalam kehidupan mereka. gimana ? bener gak? .
Jadi gini ces Kesimpulannya,
  • Media massa itu melekat pada setiap sendi kehidupan kita
  • Perannya bisa di artikan berbeda antar individu
  • Bisa pula sama untuk sekelompok masyarakat
     Bener atau enggaknya kali ini kita bakal ngejelasin tentang fungsi dan peran komunikasi massa dalam kehidupan sehari-hari bagi masyarakat. Kali ini penjelasannya sih meyakinkan bener ya guys!. Dari yang kami tahu peran kom.mass bisa menjadi berbeda karena tergantung pada persepsi seseorang tentang peran kommass sendiri dan juga sangat melekat. Selain itu, terdapat fungsi di balik peran kommass itu sendiri yaitu untuk menghibur, meningkatkan populasi (kompleksitas), kemudian ada konsekuensi positif ataupun negatif dari media massa (disfungsi). Untuk lebih lanjut, ini dia penjelasan tentang fungsi komunikasi massa, cek it dot.
1.      Surveillance (pengawasan)
Media yang paling sering digunakan dalam fungsi pengawasan itu sih televisi ya. Karena di tv kita dapet ngeliat secara langsung begitu tentang suatu kejadian yang sedang terjadi. Yang di awasi itu :
a.      pertama, masyarakat (bagaimana norma sosial yang ada di lingkungan masyarakat              berjalan normal atau ada gangguan) ciaelah gangguan di kira sinyal wkwkw.
b.      Kedua, public figure (infotainment)
c.       Ketiga, pemerintahan (berita yang bermanfaat yang sedang terjadi di pemerintahan kita)
Namun ada juga 2 macam pengawasan yang sering terjadi yaitu :
a.      Peringatan
Contoh : mengingatkan kita terhadap suatu kejadian alam seperti meletus gunung api, gempa, tsunami, puting beliung yang dapat membuat persuader lebih mendapat pengetahuan apabila kejadian itu ada di sekitarnya. Jadi kita bisa waspada, waspada, dan lebih waspada walaupun masih isu
b.      Informatif
Contoh : misalnya harga pangan di pasar naik, jadi ibu2 rumah tangga bisa tau kalo harga pangan di pasar naik dan berbelas kasihan pada pedagang untuk dapet diskon wkwkwk. Walaupun sebenernya infonya itu gak perlu di kasi tahu juga, tapi bisa penting bagi yang ingin tau.
     Konsekuensinya itu sangat cepat, misal jika gunung merapi meletus dan jogja pun di anggap tidak layak tinggal lagi oleh media massa, padahal biasa saja kok sebenernya. Itu lah konsekuensinya
2.      Interpretasion (pengawasan)
Fungsi penafsiran hampir sama sih dengan fungsi pengawasan. Media massa tidak hanya memberikan fakta dan data di dalamnya, tetapi juga memberikan penafsiran terhadap kejadian-kejadian penting. Organisasi atau industri media memilih atau memutuskan peristiwa-peristiwa yang dimuat atau ditayangkan.
Penafsiran tidak terbatas, namun dapat menyajikan sudut pandang yang berbeda  dan bermacam2 yang menjadi konsekuensinya, misalnya tentang kebijakan pemerintah, pemilihan umum dan lainnya. Selain surat kabar, siaran radio dan televisi pun memiliki fungsi penafsiran, seeperti tayangan acara “Ganteng-Ganteng Serigala” di SCTV, dan tayangan penafsiran sejenis lainnya. Bisa saja kan penafsiran GGS itu jelek lah di mata orang tua karna gak mendidik banget, bisa juga bagus bagi ciwi2 karena yang maen ganteng2. Tapi ganteng2 kok serigala sih, di tonton juga wkwkwk
Namun tujuan penafsiran media itu ingin mengajak para pembaca/ pemirsa untuk memperluas wawasan dan membahasnya lebih lanjut dalam komunikasi antarpersonal/ komunikasi kelompok.
3.       Linkage (pertalian)
Media massa dapat menyatukan anggota masyarakat yang beragam yang enggak terhubung secara langsung gitu, sehingga membantuk linkage (pertalian)yang  berdasarkan kepentingan dan minat bakat yang sama tentang sesuatu gitu sih. Contoh : acara berita Net.TV sedang bertugas dan memberikan berita di stasiun 1. Namun karena membutuhkan data yang nyata, kru mereka sudah siap di lapangan dan dihubungkan langsung dengan stasiun 1. Akhirnya mereka di pertemukan dengan media massa. Seperti yang kita sering liat di televisi. Siaran tv nya kebagi dua. Sebelah kiri di stasiun 1 dan sebelah kanannya kru yang ada di lapangan.  Kelompok-kelompok yang memiliki kepentingan yang sama tetapi terpisah secara geografis dipertalikan/ dihubungkan oleh media. Itu lah tujuan linkage tersebut.
4.      Transmission of Values (penyebaran nilai-nilai)
Fungsi ini juga disebut sosialitation (sosialisasi), sosialisasi mengacu pada cara, dimana individu mengadopsi perilaku dan nilai kelompok. Media massa yang mewakili gambaran masyarakat itu ditonton, didengar, dan dibaca. Media massa memperlihatkan kepada kita bagaimana mereka bertindak dan apa yang mereka harapkan. Dengan kata lain, media mewakili kita dengan model peran yang kita amati dengan harapan untuk menirunya. Banyak remaja belajar tentang perilaku berpacaran dari menonton film dan acara televisi yang mengisahkan tentang pacaran, termasuk pacaran yang agak bebas/ agak liberal. Di antara media massa, televisi sangat berpotensi untuk terjadinya sosialisasi (penyebaran nilai-nilai) pada anak muda, terutama anak-anak yang telah melebihi usia 16++ yang banyak menghabiskan waktunya menonton televisi dibanding kegiatan lainnya, kecuali tidur dan mager. Walaupun mager mereka pasti liat medsos yang ada video dimana isi video itu terdapat nilai2 baik dan murni itu meluruskan kembali jalan pikirannya kejalan yang baik dan benar.
5.      Entertainment (hiburan)
Beberapa stasiun televisi merupakan media massa yang mengutamakan sajian hiburan, begitu pun siaran radio. Demikian pula halnya dengan majalah. Tapi yang paling sering digunakan sih televisi atau hp buat liat video yang menghibur dan bikin penonton ketawa. Setidaknya menghilangkan stress yang berkepanjangan akibat tugas ataupun kerjaan yang dikejer sama deadline ciehhhh deadline hahaha.


Selain itu, fungsi lainnya dapat juga sebagai pemberi informasi dan dapat mendidik serta mempengaruhi masyarakat juga sih. Oke ces, itu penjelasan peran dan fungsi menurut kami ya, semoga bermanfaat untuk kalian dan terima kasih sudah mengunjungi blog mimin ya. Semoga Tuhan memberkati kalian wahai pembaca2 setia blog ini hahaha byeeeee! 

In advert we trust

About In advert we trust

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :