Rabu, 02 Maret 2016

Definisi Komunikasi Massa

     Jadi gini ces sebelum kita lanjutin membahas lebih jauh mengenai apa itu iklan, ada baiknya kalo kita tau terlebih dahulu asal mula iklan dengan teori-teori yang mendasarinya. Komunikasi Massa, menghasilkan  konsep atau teori-teori yang menjadikan sebuah iklan menjadi pesan dengan kekuatan untuk meyakinkan para khalayak, dengan segala rayuan juga tipu daya. 
--
     Inti dari definisi Komunikasi Massa yang kami dapat dari berulang kali menterjemahkan buku om Joseph R. Dominick berjudul "Dynamics of Mass Communication" dan yang jelas buku nya itu pasti berbahasa inggris. komunikasi massa adalah proses menyampaikan dan membuat sebuah pesan yang disampaikan suatu organisasi secara luas. Pesan tersebut disampaikan secara serempak dan tidak dapat dilakukan oleh perorangan, melainkan harus melalui sebuah lembaga, dan membutuhkan suatu teknologi tertentu, sehingga komunikasi massa akan banyak dilakukan oleh masyarakat atau pun lembaga industri. 

Komunikasi massa bisa di katakan proses dimana komunikator* menggunakan media untuk menyebarkan pesan-pesan secara luas, dan secara terus menerus menciptakan pesan bermakna yang diharapkan dapat mempengaruhi khalayak-khalayak yang besar dan berbeda-beda dengan menggunakan berbagai cara. Komunikasi massa berarti proses umpan balik antara komunikator dengan komunikan*, tapi prosesnya bisa saja sedikit tertunda karna menggunakan alat media, adanya Noise* yang mengharuskan komunikator menunggu respon komunikan untuk mencerna pesan yang disampaikan.
 --
     Ada beberapa channel atau alat yang digunakan dalam komunikasi massa. Jadi ces gak selamanya penyampaian pesan itu menggunakan alat mekanis, penggunaan mesin juga di gunakan beberapa institusi untuk menyampaikan pesan, Contoh : Koran, Tv, Film, Majalah, & Radio. 
Komunikasi Massa sebagai media untuk menyalurkan pesan, tentu memiliki karakteristik yang membedakannya dengan teori komunikasi lainnya. Ini juga kita ambil dari bukunya om Joseph R. Dominick terbitan tahun 2009, Komunikasi Massa terdiri dari 5 karakteristik yaitu :
  1. Komunikasi Massa dihasilkan oleh organisasi yang formal ( resmi ) dan kompleks.
  2. Komunikasi Massa mempunyai lebih dari satu yang mengontrol apa yang berlebihan di masyarakat.
  3. Membutuhkan banyak uang untuk pengoperasian kegiatannya.
  4. Berpotensi memiliki keuntungan.
  5. Daya saing yang tinggi. 

Komunikasi massa juga memilik elemen-elemen pendukung di dalamnya, antara lain:
  1. Komunikator
  2. Isi
  3. Audience
  4. Feedback / timbal balik
  5. Gangguan / noise
  6. Gatekeeper
  7. Pengatur
  8. Filter
*Komunikator:Orang (perorangan, kelompok, organisasi yang mengirimkan berita) yang                              menyampaikan pesan kepada komunikan

*Komunikan : Penerima pesan dari komunikator

*Noise          : Hambatan-hambatan yang mempengaruhi proses komunikasi, sehingga                                komunikasi berjalan dengan terhambat


Dafpus

Dominick, J. R.( 2009). Dinamic of Mass Communication. hal. 13.
 

Bitner, J. R.(1977). Mass Communication.edisi ke-6. hal12-14. 


In advert we trust

About In advert we trust

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :